Cara Efektif Merawat Sofa Dan Karpet

Karpet dan sofa bukan sekadar sebagai alas untuk duduk. Melainkan kini juga menjadi salah satu elemen dekoratif yang hampir selalu ada di tiap rumah dan perkantoran. Bagaimana cara merawatnya?

Bersihkan Sofa

Kurang lengkap rasanya bila rumah tak ada sofanya. Furniture ini merupakan pencipta munculnya suasana keakraban dan kehangatan untuk penghuni rumah. Karena itu, tak heran bila banyak orang yang memilih sofa untuk diletakkan di ruang tamu. Selain untuk kenyamanan, sofa juga menjadi tempat pertama untuk menerima tamu, untuk itu perlu adanya perhatian tersendiri untuk merawatnya.

Cara Bersihkan Sofa  Dengan Benar

Cara Membersihkan Sofa

Hal awal yang perlu diperhatikan yakni menghindarkan sofa dari sengatan matahari. Karena jika ini diteruskan maka akan membuat warna serta corak sofa menjadi pudar dan tak sedap lagi jika dipandang. Jika sofa terbuat dari kulit, maka tak hanya sinar matahari saja yang perlu dihindari. Perlu adanya sikap untuk menghindari radiator. Karena kulit sofa lama kelamaan akan menjadi terkelupas.

Selanjutya yakni bersihkan segera noda. Sebab, bila tidak langsung dibersihkan lama kelamaan noda akan sulit untuk dibersihkan. Apalagi bila sofa terbuat dari bahan yang halus, seperti sutra, linen, kulit asli, atau beludru. Jangan gunakan cairan kimia jika Anda tidak tahu cara menggunakannya. Gunakan air biasa, langsung lap dengan kain kering, lalu jemur.

Untuk mengeringkannya, biarkan terkena angin. Jangan gunakan hair dryer, apalagi jika terbuat dari sutra, karena kain sofa bisa mengerut. Jangan lupa untu menggunakan kain penutup atau yang sering disebut slipcover pada sofa yang berbahan dasar kulit.

Karpet Susah Dibersihkan? Ini Tipsnya

Anda yang tidak gemar memakai sofa, maka karpet menjadi pilihan kedua. Karpet juga dapat digunakan untuk mempercantik sebuah ruangan yang ada di rumah. Selain sebagai alas lantai, karpet memiliki berbagai manfaat seperti pelapis lantai yang tentunya juga mampu memperindah dekorasi rumah. Karpet juga menjadi solusi jika banyak tamu yang berkunjung di rumah. Tentunya perlu adanya kegiatan untuk membuat karpet terlihat bersih serta rapi.

Karpet harus sering dibersihkan menggunakan penyedot debu, terutama jika karpet baru dipasang. Meski tampak bersih, serat-serat pada karpet bisa tercampur dengan debu dan kotoran. Jika dibiarkan terlalu lama, kotoran akan menumpuk. Selain tidak baik untuk kesehatan, kotoran yang menumpuk juga akan lebih cepat merusak karpet.

Sebaiknya bersihkanlah karpet dengan vacuum cleaner minimal seminggu sekali. Apalagi pada daerah yang sering dilewati orang, karena biasanya banyak kotoran yang menempel di situ. Maka dari itu hindari memasang karpet di tempat yang biasa dijadikan tempat semua aktivitas dilakukan. Sebaiknya pasang karpet di kamar tidur, ruang kerja atau ruang tamu,

Leave a Comment

%d bloggers like this: